Halaman

Pengikut

Senin, 12 November 2012

WASPADA, MEROKOK!



Waspada, Perokok Lebih Cepat Meninggal, Kualitas Sel Telur dan Sperma Menurun, Merokok Setelah Berolahraga Lebih Berbahaya
Banyak orang, baik remaja maupun dewasa yang masih merokok meski sudah tahu bahwa merokok bisa membahayakan kesehatan. Orang-orang yang sudah mulai merokok pada awal usia remaja, maka lebih awal pula mereka dapat meninggal akibat dari menghisap rokok. Mereka berisiko dua kali meninggal lebih cepat dibanding orang yang merokok pada usia dewasa, demikian yang dilansir Healthmeup.
Dalam sebuah studi, ada sekira 28.000 pria perokok aktif yang diteliti, 10.000 di antaranya mulai merokok sejak usia remaja. Dan hampir setengah dari peserta meninggal saat penelitian tindak lanjut pada usia 53 tahun.
Selain itu, data yang ada dari Monash, Australia, sangat menunjukkan adanya efek negatif terhadap kualitas gamet seperti sel telur dan sperma, yaitu terjadi penurunan kualitas sel telur maupun kualitas sperma lho....!
Merokok telah diakui dunia memang berbahaya, namun bahayanya akan lebih besar bagi tubuh bila dilakukan setelah berolahraga. Mengapa? Simaklah alasan berikut seperti dilansir Livestrong, Jumat (2/2/2012):
1. Jantung
Merokok setelah olahraga bisa membuat tekanan besar pada jantung. Pada dasarnya, jantung membutuhkan oksigen untuk berfungsi dengan baik. Namun, asap rokok menguras oksigen tubuh, menggantikannya dengan karbon dioksida (CO2) yang berbahaya. Akibatnya, jantung harus memompa lebih keras untuk memasok tubuh dengan oksigen yang dibutuhkan.
2. Paru-paru
Setelah olahraga, tubuh membutuhkan oksigen sebanyak mungkin untuk pemulihan, yang membuat Anda mempercepat pernapasan dan jantung berdenyut semakin cepat. Tapi dengan merokok dapat mengganggu segalanya, menyusutkan saluran udara dan mengurangi jumlah oksigen dalam darah.
3. Otak
Merokok setelah olahraga meningkatkan jumlah karbon monoksida (CO) ke dalam aliran darah. CO tersebut memiliki efek serius pada fungsi otak, merampas oksigen yang dibutuhkan otak untuk mempertahankan fungsi yang tepat.
4. Kelelahan
Mengurangi kadar oksigen serta memperberat jantung dan paru-paru, merokok setelah olahraga dapat berkontribusi pada kelelahan selama pemulihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar